Senin, 04 Mei 2009

ALAT BANTU BERJALAN



Kali ini Honda memperkenalkan alat bantu berjalalan bukan berupa tongkat ataupun kursi roda. Bentuknya unik, perpaduan dari frame, sepatu dan kursi. pengenteng tubuh ini bisa mengurangi tugas berat kaki katika menopanf tubuh saat berjalan, naik-turun tangga dan agak berjongkok. Kerja otot kaki dan persendian pada pinggang, lutut dan pergelangan kaki pun menjadi semakin ringan ketika memakai alat ini.

Riset ini dimulai sejak tahu 1999, hasil kerj sampingan dari team pembuat robot ASIMO. Alat ini mudah pengoperasiannya, tinggal memakai sepatu dan mengepaskan tempat duduk senyaman mungkin. Tidak ada sabuk pengaman atau alat pengikat lainnya, alat bantu berjalan ini tidak langsung menjejak ke tanah ehingga memudahkan pemakainya untuk bergerak kemana saja.

Alat seberat 6,5 kg, berpenggerak motor X2 dengan tenaga baterai litium ini dapat digunakan selama 2 jam nonstop. Proses kerja alat ini, frame yang berpenggerak motor pada sendinya ini akan menopang tubuh dengan menaikkan posisi tempat duduk, mengikuti postur tubuh pemakaianya. Ketika bergerak, kinerja alat ini, terutama frame dan motor penggerak bergerak persis meniru kerja lutut. Hingga sekarang alat ini masih terus diuji coba untuk melihat keefektifannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar